Musisi ini Ajukan Somasi Setelah Setahun Berkonflik?

Permasalahan hak cipta dalam beberapa tahun ke belakang menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Hak cipta yang paling banyak dipermasalahkan adalah karya musik (lagu).

Hal ini bermula dari munculnya kegiatan masyarakat yang sering membawakan ulang sebuah lagu dari seseorang atau grup band. Pembawaan lagu ini menjadi masalah ketika si penyanyi atau grup band mendapatkan keuntungan dari penampilannya tersebut, namun tidak ada itikad baik seperti meminta izin maupun pembagian hasil (royalty) kepada si pencipta lagu. Bahkan, sejak tahun 2022 masalah hak cipta tersebut sudah akrab di telinga masyarakat dan menyeret beberapa publik figur. Seperti yang saat ini sedang hangat adalah konflik antara Posan Tobing dengan Grup Band Kotak.

Kronologi masalah bermula sejak tahun 2022, kala itu si pencipta lagu merasa geram dengan salah satu grup band musik karena dirinya merasa sepanjang penampilan panggung band tersebut tidak pernah sedikit pun ada itikad baik, seperti pembagian hasil maupun izin kepada dirinya selaku pencipta lagu.

Ajakan untuk bertemu juga urung dilakukan oleh grup band musik tersebut sehingga dirinya mengancam untuk membawa masalahnya ke ranah meja hijau. Pada tahun 2023, konflik ini semakin memanas, terbukti dengan dilayangkannya somasi oleh si pencipta lagu.

Pertanyaannya apa itu somasi?

Singkatnya, arti somasi adalah teguran. Lebih lanjut, Jonaedi Efendi dalam Kamus Istilah Hukum Populer (hal. 372) somatie atau legal notice, atau yang lebih dikenal dengan somasi adalah teguran terhadap pihak calon tergugat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa somasi merupakan proses hukum yang bersifat peringatan/teguran terhadap calon tergugat (Oktavira, 2023).

Somasi sendiri memiliki tiga bentuk, di antaranya Surat Perintah, Akta Sejenis, dan Tersimpul dalam Perikatan Itu Sendiri. Pengaturan somasi sendiri diatur dalam Pasal 1238 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer)

Pada kasus ini, pencipta lagu melayangkan somasi dengan 11 poin, di mana pada intinya melarang seluruh personel grup Band musik tersebut membawakan lagu yang diciptakan si pencipta dalam setiap panggungnya di mana pun.

Pertanyaan berikutnya, apa sanksi apabila grup band tersebut tidak memenuhi somasi?

Dikutip dari blog.justika.com (2022) bahwa mengingat jika somasi diabaikan dan penggugat menghadapi gugatan, maka seorang digugat harus mendatangi dan merespon pengadilan. Apabila tetap tidak hadir di persidangan, hakim akan memakai surat penggugat sebagai dasar.

Yang dimaksud diabaikannya somasi dalam hal ini adalah calon tergugat tidak ada upaya dalam merespon somasi yang dilayangkan. Karena pada proses somasi ini calon tergugat belum tentu bersalah, sehingga di sisi lain somasi dapat menjadi solusi dalam menyelesaikan permasalahan antara individu atau kelompok.

Kesimpulannya adalah somasi dilayangkan untuk memberikan kesempatan kepada calon tergugat dalam membuktikan dan memenuhi kewajibannya.

Sumber:
Anonim. 2022. Langkah Jika Somasi Diabaikan yang Harus Diketahui. Diakses melalui situs
https://blog.justika.com/pidana-dan-laporan-polisi/jika-somasi-diabaikan/ pada tanggal 10 Juli 2023
Oktavira. 2023. Somasi: Pengertian, Dasar Hukum, dan Cara Membuatnya. Diakses melalui situs https://www.hukumonline.com/klinik/a/cara-membuat-somasi-lt616807e4d69a1/ pada tanggal 10 Juli 2023.
Rasyid, J. 2022. Lagi konser di Luwu Utara, Band Kotak Justru Disomasi, Diminta Setop Bawakan Lagu Ciptaan Posan Tobing dan Julia Angela. Diakses melalui situs palopopos.fajar.co.id pada tanggal 10 Juli 2023.
Rantung, R.C. (2023). Somasi Terbuka Posan Tobing untuk KotaK, Larang Belasan Lagu Ciptaannya Dinyanyikan. Diakses melalui situs kompas.com pada tanggal 10 Juli 2023. Tysara, L. (2022). Somasi Adalah Penyelesai Masalah Berupa Teguran, Begini Cara Membuatnya. Diakses melalui situs liputan6.com pada tanggal 10 Juli 2023.

Penulis:

Nararya Prasetya Putra (Admin Sari Law Office)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe sekarang!

Konsultasi Sekarang!
Terima kasih telah mengunjungi Website Kantor Hukum Sari Law Office

Silahkan lanjutkan melalui chat
Klik Konsultasi Sekarang (GRATIS)! 👇