Perkuat Tata Kelola BPR, LPS Luncurkan Sistem IT

Kabar baik datang dari dunia perbankan. Permasalahan tata kelola dan pengawasan perbankan yang selama ini masih kurang baik akan segera teratasi.

Solusi ini datang dari Lembaga Penjamin Simpanan atau biasa dikenal dengan LPS. LPS dikabarkan akan membantu BPR dalam memperkuat tata kelola dan pengawasan dengan meluncurkan sistem Information Technology.

Manfaat Sistem IT

Sistem IT ini nantinya selain dapat memperbaiki dari sisi manajemen BPR, juga diklaim dapat membantu pengawasan LPS terhadap BPR secara real time.

Seperti dikutip dari infopublik.id (2023) bahwa  Ketua Dewan Komisioner Purbaya Yudhi Sadewa Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Kantor Cabang BRI Indramayu, Jawa Barat, Rabu (25/10/2023) mengungkapkan sistem teknologi yang dibangun LPS akan membantu BPR memperbaiki sisi manajemennya.

Purbaya menambahkan, sistem IT tersebut akan membantu pengawasan terhadap BPR. Dengan teknologi tesebut, LPS memiliki kemampuan untuk mengawasi BPR setiap waktu.

Biaya Pembuatan dan Penggunaan

Mengenai biaya pembuatan sistem IT tersebut, LPS sendiri dikabarkan menggelontorkan dana yang begitu fantastis dan tidak main-main, yaitu sebesar 200 Miliar Rupiah.

Sementara itu, pengguna sistem IT tersebut (BPR) nantinya tidak akan dikenakan biaya sepeserpun alias gratis.

Penggunaannya pun dapat diakses oleh seluruh BPR di Indonesia.

Seperti yang dituturkan oleh Purbaya dalam infopublik.id (2023) bahwa kami akan bangun sistem IT yang dapat dipakai BPR se-Indonesia secara gratis.

Sehingga mereka (BPR) bisa lebih bagus menata manajemen perbankannya. Itu nanti ke depanya, supaya BPR tidak gampang jatuh lagi,” kata Purbaya.

Waktu Peluncuran

Lembaga Penjamin Simpanan dikabarkan masih dalam penyiapan sistem teknologi IT tersebut. Peluncuran sistem IT tersebut baru akan diluncurkan pada tahun 2025.

Seperti dikutip dari kumparan.com (2023) bahwa Ketua Dewan LPS Purbaya Yudhi Sadewa di Indramayu menyebutkan saat ini pihaknya sedang membangun sistem IT untuk BPR.

Dengan adanya sistem IT ini BPR diharapkan lebih profesional dan LPS juga bisa mengawasi secara real time.

Gimana menurut Sahabat? Coba tuliskan komentarmu tentang sistem IT LPS di bawah yaa!

Sumber:

Gunanto, A.A. dan Muslimawati, N. (2023). LPS Bakal Luncurkan Sistem IT untuk Awasi BPR, Anggarannya Capai Rp 200 M. Diakses dari situs https://kumparan.com/kumparanbisnis/lps-bakal-luncurkan-sistem-it-untuk-awasi-bpr-anggarannya-capai-rp-200-m-21Rp7LeG0Xh/full pada tanggal 02 November 2023.

Isma. (2023). Tingkatkan Pengawasan BPR, LPS Siapkan Sistem IT Senilai Rp200 Miliar. Diakses dari situs https://infopublik.id/kategori/nasional-ekonomi-bisnis/790481/tingkatkan-pengawasan-bpr-lps-siapkan-sistem-it-senilai-rp200-miliar pada tanggal 02 November 2023.

Penulis:

Admin Sari Law Office (Nara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe sekarang!

Konsultasi Sekarang!
Terima kasih telah mengunjungi Website Kantor Hukum Sari Law Office

Silahkan lanjutkan melalui chat
Klik Konsultasi Sekarang (GRATIS)! 👇